Pages

Sabtu, 08 Januari 2011

Jenis Bambu Hias

Ada sekitar 1.000 spesies bambu yang ada di dunia ini. Tanaman bambu mempunyai banyak sekali manfaatnya. Dapat digunakan sebagai material bangunan, juga bagus untuk dijadikan sebagai tanaman hias. Untuk bambu hias, mempunyai beberapa jenis. Inilah beberapa diantaranya, yang banyak ditemukan pada penjual tanaman.

1. Bambu Kuning (Phyllostachys sulphurea)
Penampilan bambu ini sangat cantik. Batangnya berwarna kuning gading, teksturnya halus. Ini kontras dengan daunnya yang berwarna hijau terang selebar 5 cm dengan panjang 20 cm. Tidak seperti bambu lain yang cenderung melengkung, bambu kuning berbatang lurus. Dengan begitu, bambu jenis ini dapat dijadikan pembatas taman yang menarik.
Ketinggiannya dapat mencapai 3 m. Jika dirasa terlalu tinggi, cukup pangkas batang yang paling atas. Bambu pun tetap tumbuh rapi seperti sebuah pagar. Di pasaran saat ini, bambu kuning dijual dengan seharga Rp 250.000 per rumpun.


2. Bambu Jepang (Arandinari japonica)
Jenis bambu ini mempunyai bentuk yang khas dengan batangnya yang kecil dan daunnya yang halus. Ukuran daunnya maksimal hanya sepanjang 10 cm. Warna batang dan daunnya hijau pucat. Mirip seperti bambu kuning. Batang bambu jepang juga tumbuh lurus. Ini membuatnya cocok dijadikan pembatas atau berjajar di sepanjang dinding atau pinggir jalan. Ketika sudah rimbun, bambu jepang dapat dibentuk. Bambu jenis ini dijual seharga Rp 75.000 per rumpunnya.

3. Bambu Cina (Bambusa glaucescens)
Ukuran batang dan daun bambu jenis ini lebih halus dari bambu jepang. Namun berbeda dengan kedua jenis bambu lainnya, bambu cina tumbuhnya lebih menyemak dan batangnya mudah melengkung. Warna batangnya hijau muda, agak kekuningan. Bambu cina harganya Rp 75.000 per rumpun. 


4 komentar:

  1. artikelnya bagus dan bermanfaat gan...
    ijn nyimak dan nitip link ya.
    thx

    http://goldennuget.blogspot.com/
    Nugget sehat dari ikan TUNA tanpa pengawet, kimia dan MSG.

    http://warungbambuasa29.blogspot.com/
    Rental Mobil di Banyuwangi yang melayani Tour Travel dan sewa mobil harian dan juga bulanan.
    CP: 0819 3486 7583 ( Arif )

    BalasHapus
  2. makasih infonya ...
    nitip link yaa..

    http://info2indo.blogspot.com/p/blog-page_2909.html
    Live Fun
    berbagi info unik dan tips menarik..

    BalasHapus
  3. kok persis ini ya ? http://www.fasak.com/2012/01/3-jenis-bambu-hias.html

    BalasHapus