Pages

Senin, 20 Desember 2010

Amankah Peralatan Dapur Anda ?

Peralatan dapur yang digunakan untuk memasak sayuran atau makanan sehari-hari perlu diperhatikan agar terhindar dari hal yang merugikan kesehatan kita. Ada beberapa jenis bahan yang biasanya berhubungan dengan peralatan masak yaitu aluminium dan timbal (Pb).

Aluminium
Hampir 50% peralatan memasak terbuat dari bahan aluminium. Kita harus ekstra hati-hati, apalagi untuk menggodok bahan-bahan tanaman obat herbal, sangat dilarang untuk menggunakan panci / alat dari aluminium. Sebab zat-zat yang terkandung pada tanaman berkhasiat tersebut dapat meluruhkan aluminium yang nantinya akan ikut terminum.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa pasien yang menderita alzheimer (pikun) biasanya mempunyai kandungan aluminium yang tinggi dalam otaknya.


Timbal (Pb)

Adalah logam yang bersifat toksin (beracun) terhadap manusia. Wadah atau tempat yang mengandung timbal (Pb) biasanya terbuat dari keramik. Cairan panas seperti kopi, teh dan sup yang ditempatkan pada wadah tersebut akan lebih mudah melarutkan Pb dibandingkan cairan atau minuman dingin. Selain itu, makanan yang mengandung asam seperti jeruk, tomat, makanan yang terbuat dari asam cuka sebaiknya tidak ditempatkan dalam wadah yang mengandung timbal (Pb).
Suhu panas dan reaksi dengan asam akan melarutkan Pb pada peralatan sehingga dapat masuk ke dalam tubuh melalui makanan atau minuman. Kandungan timbal (Pb) berhubungan dengan tingkat kecerdasan manusia. Apabila dalam darah ditemukan kadar timbal (Pb) sebanyak 3x batas normal, maka akan terjadi penurunan kecerdasan intelektual.

NB : Peralatan memasak yang disarankan berasal dari bahan stainless steel (besi anti karat)

3 komentar:

  1. Kalo gitu yang aman pake alat dapur apa....?

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. plastik lebih beracun kata mbah kakung

      Hapus