Pages

Minggu, 13 Februari 2011

Tips Mengatasi Wajah Berjerawat

Berikut ini beberapa tips yang bisa anda coba untuk menghindari munculnya jerawat di wajah :


  1. Singkirkan rambut dari wajah. Semakin sering anda beraktifitas seharian membuat rambut kotor dan berminyak. Bila rambut menyentuh wajah, kotoran akan menempel dan menyebabkan timbulnya jerawat.
  2. Cuci sarung bantal dan sprei secara teratur. Saat kita memakai bantal atau tidur, kuman akan berpindah tempat. Walaupun tidur dalam keadaan wajah bersih, kotoran kecil dari bantal atau sprei dapat menjadi mediator perpindahan kuman penyebab jerawat.
  3. Kurangi penggunaan kosmetik. Pori-pori pada wajah akan tersumbat oleh kosmetik. Hal ini akan mengganggu pori-pori untuk bernafas dengan baik. Pilihan kosmetik yang berbahan dasar air dapat mengurangi potensi timbulnya jerawat dibandingkan kosmetik berbahan dasar minyak.
  4. Jangan pencet jerawat yang muncul. Tangan kotor yang menyentuh apalagi memencet jerawat tidak akan memperbaiki keadaan. Justru itu akan lebih mempercepat penularannya.
  5. Hindari makanan berlemak. Hal ini dapat menyebabkan produksi kelenjar lemak meningkat. Sebaiknya hindari makanan berlemak, seperti coklat, kacang dan lemak daging.
  6. Olahraga teratur dan istirahat yang cukup. Olahraga dan istirahat dapat meningkatkan kadar oksigen pada tubuh. Sangat berguna untuk menghindari jerawat.
  7. Sering-seringlah berwudhu. Salah satu anggota wudhu adalah wajah. Bukan saja wajah yang akan bersih, melainkan juga hati akan bersih.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar