Pages

Selasa, 18 Januari 2011

Tanaman Tempuyung, Obati Batu Ginjal

Tempuyung terkenal berkhasiat meluruhkan/menghancurkan batu ginjal. Temuan ini direkomendasikan oleh dokter Sukarto dan rekannya pada tahun 1980. Disebutkan bahwa tempuyung memiliki zat ampuh untuk menghancurkan batu ginjal dan memiliki kelebihan dalam keampuhan dan keamanan penderita sebagai tanaman obat yang dapat menghancurkan batu ginjal dibanding dengan tanaman lainnya.
Batu ginjal merupakan endapan CaCO3 atau kalsium karbonat pada ginjal atau kandung kemih yang dapat menyebabkan gagal ginjal. Hal ini terjadi karena tidak adanya keseimbangan dalam kerja ginjal, sehingga garam-garam pada ginjal tidak terangkut (terbawa) keluar bersama air seni dan akhirnya mengendap, lalu menggumpal menjadi kristal kapur. Endapan inilah yang menjadi cikal bakal batu dalam ginjal.
Beberapa tanda sakit pinggang (batu ginjal) yang dapat diobati dengan ramuan tempuyung adalah :
- sakit atau susah bila kencing
- kencing lebih sering, pada malam hari
- air seni bercampur dengan darah
- bengkak di sekeliling kedua mata, tangan, dan kaki terutama pada anak-anak
- sakit di bagian pinggang
- tekanan darah tinggi
Cara sederhana pengobatan dengan tanaman tembuyung :
Seduhan daun tenbuyung dapat menghancurkan batu ginjal, baik yang di ambil dari lahan alami seperti kebun, pematang sawah, pekarangan rumah sampai pertamanan kota.
Sebanyak 5 lembar daun tempuyung di cuci sampai bersih, kemudian direbus dengan air bersih sebanyak 4 gelas. Biarkan sampai mendidih di atas api kecil. Kemudian saring dengan kain yang bersih agar ampas daun tempuyung tidak terikut. Setelah agak hangat diminum 2 - 3 kali sehari semalam.
Semoga bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar