Pages

Rabu, 29 Desember 2010

Cara Mengelola Stress !!!

Salah satu cara untuk menyelesaikan problem adalah dengan melihat keberadaan problem itu sendiri. Sebab adalah mustahil orang hidup tanpa problem. Stress, tekanan, kecemasan atau apapun istilah yang digunakan, akan mempengaruhi sebagian besar aktifitas kita sehari-hari. Kunci pemecahan stress adalah mempelajari bagaimana mengatur stress sehingga kita tidak terlena olehnya.
Beberapa cara berikut bisa ditempuh :
Hirup Udara Segar, Hadirkan Memori Indah
Ambil waktu sesaat untuk menenangkan diri dengan menghirup udara bebas beberapa kali sampai merasa tenang. Istirahat sejenak secara teratur dalam sehari memungkinkan kita untuk bernafas dalam-dalam dan menenangkan pikiran. Hadirkan memori peristiwa yang menyenangkan, menggembirakan, masa bahagia dan nikmati dengan rileks.

Cari Akar Permasalahan Anda
Apa sih yang menyebabkan kita stress ?. Pekerjaan, kehidupan rumah tangga, keuangan, atau anak ? Tanpa mengetahui akar masalah yang kita hadapi, sangatlah sulit untuk dapat menyelesaikannya.
Kenali perbedaan antara hal-hal yang dapat kita kendalikan dan hal-hal yang tidak dapat kita kontrol. Mintalah bantuan teman, saudara atau siapapun yang bisa dipercaya dan dianggap mampu untuk memberi solusi memecahkan persoalan kita.
 
Berbagi Beban Kerja
Bagi-bagi tugas setiap saat memungkinkan. Janganlah kita berpikir kalau kita adalah satu-satunya orang yang dapat mengerjakan suatu pekerjaan sendiri. Rekan kerja ataupun atasan pasti mengerti dengan konsep ini.


Sumber : Aris Achmad Jaya
[Motivator Character Building Nasional)

1 komentar: