Pages

Kamis, 04 November 2010

Osteoporosis ...?? Minum Susu Kedelai

Di Indonesia masalah osteoporosis dan menopause sudah waktunya mendapatkan perhatian serius, karena di tahun 2010 ini jumlah wanita di Indonesia diperkirakan mencapai 35 juta orang.
Osteoporosis atau keropos tulang dapat terjadi pada pria maupun wanita. Namun wanita mempunyai peluang untuk mengalaminya 4 x lebih besar dibanding pria.

Maka beberapa ahli melakukan penelitian untuk menghambat laju osteoporosis dan menopause dini. Salah satu bahan pangan yang saat ini menjadi pusat perhatian dalam hubungannya dengan osteoporosis & menopause  adalah kedelai. Karena kedelai mempunyai senyawa alami mirip estrogen, yaitu disebut fitroestrogen yang telah terbukti mampu menghambat osteoporosis.

Senyawa inilah yang menyebabkan wanita Jepang, sebagai suku bangsa yang gemar makan produk olahan kedelai tahu, susu kedelai dan olahan lain dengan bahan baku sama, usia menopausenya tinggi dan jarang mengalami keluhan pascamenopause.
Ketika protein sangat dibutuhkan sementara kandungan kolestrol perlu dihindari, maka susu kedelai bisa menjawabnya sebagai susu bebas kolestrol.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar