Pages

Selasa, 02 November 2010

Cegah Glukoma dengan Teh Hijau

Cegah Glukoma dengan Teh Hijau
TEH hijau telah lama diketahui memiliki efek antioksidan dan sifatnya dalam melawan penyakit, salah satunya penyakit kanker.
Kini penelitian terbaru kembali menemukan manfaat lain dari teh hijau. Para peneliti di Hong Kong menyakini bahwa minuman ini bisa membantu melindungi dari berbagai penyakit mata.
Penelitian yang mempelajari bagaimana lensa, retina dan jaringan mata lainnya menyerap zat ‘catechins’ yang terkandung dalam teh, menunjukan bahwa minuman ini dapat melindungi mata dari glaukoma dan penyakit mata umum lainnya.
Chi Pui Pan dan rekannya dari Chinese University of Hong Kong and Hong Kong Eye Hospital mengatakan bahwa ‘catechins’, yaitu sebuah jenis antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang disebabkan oleh oksidasi, dapat melewati perut dan menuju ke jaringan mata. Catechin ini mencakup Vitamin C, E, lutein dan zeaxanthin.
Penelitian yang telah dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry, dan dikutip oleh conectique.com, dilakukan dengan memberikan teh hijau kepada tikus, dan kemudian menganalisis jaringan mata mereka. Hasilnya, ditemukan bahwa bagian-bagian yang berbeda dari mata menyerap sejumlah catechin dan mengurangi stres oksidatif pada mata sampai 20 jam. Stres oksidatif sendiri diketahui dapat menyebabkan penyakit retina seperti glaukoma dan degenerasi makula (AMD) yang berkaitan dengan usia.
“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat menguntungkan mata terhadap stres oksidatif,” para penulis menyimpulkan. (dms)
Sumber : www.poskota.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar